Mangrove Center Tuban

Mangrove Center Tuban

Sabtu, 30 Agustus 2014

Studi Banding Dinas Perikanan, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Cirebon ke Mangrove Center Tuban

Nama Mangrove Center Tuban ternyata sudah dikenal di berbagai daerah di nusantara. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi ini baik untuk berwisata, pelatihan, studi banding, outbound dan sebagainya.   


Salah satunya dilakukan oleh rombongan tamu yang datang dari Kabupaten Cirebon - Jawa Barat ke Mangrove Center Tuban pada hari Selasa, tanggal 26 Agustus 2014.  


Para tamu itu merupakan peserta Studi Banding dari Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan - Kabupaten Cirebon yang dimpin oleh Bapak  H. Muhidin sebagai Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan dan Bapak Ir. Wasman sebagai Kepala Bidang Kehutanan.


Kegiatan ini diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari Kepala Unit Pelaksana Teknis ( UPT ),  Camat, Kelompok Tani, Petugas Penyuluh Lapangan dan Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ).


Kegiatan studi banding yang dipusatkan di aula Mangrove Center Tuban itu dilakukan untuk menimba ilmu dari Bapak H. Ali Mansyur sebagai perintis Mangrove Center Tuban dan menerapkannya di berbagai daerah di Cirebon. 


Mangrove Center Tuban dipilih sebagai lokasi studi banding karena lokasi ini dianggap merupakan lokasi dengan pengelolaan yang baik. Dalam acara itu dilakukan sesi materi oleh Bapak H. Ali Mansyur, Bapak Harnowo , Bapak H. Muhidin dan Ir. Wasman.


" Di Cirebon untuk dana, hutan, kelompok tani potensi sebenarnya tersedia dan cukup melimpah. Tetapi yang menjadi kendala adalah masih belum ada orang-orang dengan sosok seperti Pak Mansyur, " kata Pak H. Muhidin.


Dalam materinya, Pak Mansyur menyampaikan tentang berbagai persiapan sebelum menanam mangrove.


Di antaranya adalah pemilihan buah mangrove yang baik dan siap disemai, cara menuai, perlakuan, teknik memanen dan menanam dengan cara yang aman. Selain itu juga dijelaskan tentang pentingnya pemilihan lokasi penanaman mangrove yang aman dari ombak dan abrasi. 


Sedangkan pada sesi tanya jawab dari  peserta ada Bapak Dede Darsono sebagai petugas penyuluh lapangan berharap adanya beberapa bibit yang bisa langsung dibawa oleh peserta sebagai oleh-oleh dari Mangrove Center Tuban. 


Kegiatan di aula ini diakhiri dengan sesi penyerahan bingkisan kenangan dari ketua rombongan pada Bapak Ali Mansyur yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama. 


Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi istirahat dan bersantai sejenak di Pantai Mangrove Center Tuban sembari menikmati keindahan panorama alam pantainya.


Bapak H. Muhidin dan Ir. Wasman juga menyempatkan diri untuk masuk dan melihat ruangan Broadband Learning Center ( BLC ) di Mangrove Center. 


Keduanya tampak kagum dengan fasilitas di BLC sumbangan dari PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai tempat untuk pelatihan internet gratis bagi warga.


Sebelum pulang, beberapa peserta ada yang berkunjung ke lahan pembibitan tanaman dan membawa beberapa tanaman sebagai oleh-oleh.


Setelah itu, rombongan kemudian berpamitan untuk melanjutkan perjalanan studi bandingnya menuju ke daerah lainnya yaitu Probolinggo, Nganjuk dan Kediri.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar